Friday, December 12, 2008

Keripik Buah Mangrove

Keripik Buah Mangrove Upaya untuk Melestarikan Hutan
Kontribusi dari Sekretariat NTFP Ind
Ibu-ibu di kelurahan Margomulyo, Kota Balikpapan Kalimantan Timur, kaget luar biasa, baru menjajakan beberapa menitkeripik buah mangrove dalam suatu pameran, barang dagangannya habis diserbu pembeli. Mereka tidak menyangka barang dagangannya laris dan mendapatkan sambutan luar biasa.Bukan cuma keripik buah mangrove yang diserbu pembeli. Dodol mangrove, bolu atau cake mangrove, puding mangrove serta kue kelepon dari buah mangrove juga laris diminati pembeli. Boleh jadi, sebagian pembeli merasa aneh sehingga mencoba rasa buah mangrove yang biasanya dibuang percuma dan dibiarkan tumbuh liar di tepi pantai. Namun, setelah mencicipi buah mangrove atau sebagian orang menyebutnya buah bakau, merekapun ketagihan dan membuat heboh saking lezatnya. “Banyak yang mengira buah mangrove tidak bisa dimakan dan bisa membuat mabuk, sehingga dibuang begitu saja, padahal, asal pandai mengolahnya, buah mangrove memiliki rasa yang lezat” kata Ny Sena (40), seorang
istri nelayan berpromosi. Kripik buah mangrove, misalnya, rasanya tak jauh beda dengan emping melinjo. Gurih sedikit terasa pekat di lidah, renyah dan yang pasti membuat ketagihan sehingga mulut tak mau berhenti mengunyahnya. Bentuk buah mangrove yang mirip kacang kapri, juga membuatnya praktis dimakan dimana saja.

Adapun dodol magrove, cake mangrove, puding dan kue kelepon dari buah mangrove semuanya memiliki rasa yang khas dan tak dapat digantikan rasa lain. Kini sedang dikembangkan pula permen atau gula-gula dari buah mangrove Sonneratia alba yang rasnya sedikit asam, namun segar saat sudah mulut;Namun khusus untuk permen , kami belum memasarkannya karena masih mencari adonan yang tepat,” kata Nyoya Siah (39), salah seorang istri nelayan dari Kelompok Mangrove Lestari Balikpapan yang mengembangka berbagai makanan dari bauh magrove.
selengkapnya klik judul di atas...............

No comments: